Selasa, 02 Januari 2018

Local Hosting Untuk Webserver Opensource

Ini adalah cara untuk menghostingkan website pada local area IP dinamis  dengan menfaatkan layanan provider yang digunakan biasannya untuk rumahan dan media yang digunakan merupkan modem, ini contoh tutorial menggukan modem tipe ZTEF660 atau sejenisnya.

Pertama lakukan pemindaian IP publik yang didapat dari provider dan tentunya IP tersebut dinamis karena kalau IP statik tidak ada settingan khusus seperti yang akan di utarakan sekarang. Langkah nya check IP publik dengan cara searching menggunakan browser di Google, Yahoo atau Bing ketikan "my ip" pilih salah satu developer website yang menginfokan IP publik yang digunakan sekarang atau lihat gambar 1.1.

GAMBAR 1.1


Selanjutnya buka browser tab baru dengan mengetikan alamat halaman akses modem 192.168.1.1 atau sejenisnya dan login ke halaman panel firmware aplikasi modem biasanya akses login default adalah (admin) password juga (admin). Lihat Gambar 1.2.

GAMBAR 1.2
Berikutnya ini tahap dimana settingan khusus pada modem agar dapat include dengan apache pada xampp yang diperuntukan sebagai server website yang akan di hostingkan ke publik, langkahnya :

Setelah masuk kehalaman aplikasi modem pilih from menu "Apliccation" lalu masuk ke fungsi"Port Forwading" lalu pilih "Advance". nah pada isi option advance tersebut ada beberapa fiel atau bagian yang dirubah dan yang kosong sebagian di isi sebagai setingan dapat diakses nantinya, diantaranya:


  • Name harus di isi sebagai nama public server contoh "webserver".
  • LAN Host IP Address sesuaikan dengan ip local PC yang dijadikan server contoh "192.168.1.13" .
  • Berikut LAN Host Star Port:80 & dibawahnya LAN Host End Port:80. lalu klik add untuk menambahkan settingan berikut menyimpan agar berfungsi. Lihat Gambar 1.3


Gambar 1.3


Hasil akhir untuk melihat bagaimana sudah bisa di akses apa belum dapat di coba dengan menggunakan browser ketikan alamat ip public contoh IP Public seperti pada gambar 1.1 IPnya 36.79.248.31 lalu enter.


Terimakasih sudah membaca salam:)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar